welcome

coret-coret

Talaga Remis PDF Print E-mail
ImageWana wisata initerdiri dari 7,5 ha hutan tanaman (pinus dan sonokeling), sumber air yang berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan dengan cara membuat instalasi aliran air untuk keperluan air bersih dan MCK. Potensi visual lansekap/gejala alam didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah danau/telaga. Sumber air panas dan hutan tanaman.


Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dengan kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, bersampan, memancing, mandi air panas dan berziarah kemakam keramat.

ImageImageImage

Legenda yang berkembang di masyarakat Jawa Barat, berdasrkan cerita dari orang tua mereka, yang dikisahkan secara turun menurun, bahwa Telaga Remis berasal dari cucuran air mata Pangeran Salingsingan yang menangis tak henti-hentinya, ketika menerima nasihat (petuah) dari Pangeran Sutajaya, yang satu-satunya kepercayaan Sultan Cirebon.

Kedua pangeran ini menangis, karena mereka merasa berdosa yang telah mengkhianati negaranya, karena keduanya saling bermusuhan, terjadilah perang dan berperang terus habis-habisan. Baru berhenti setelah dilerai dan dinasihati oleh Pangeran Sutajaya. Kini makam Pangeran Selingsingan ada ditepian Danau Telaga Remis yang boleh dilihat langsung oleh para pengunjung.

Fasilitas

Jenis fasilitas yang telah tersedia adalah : loket karcis, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, MCK dan musholla. Kondisi fasilitas tersebut umumnya baik, kecuali beberapa shelter yang terkena coretan (vandalism)

Aksebilitas

Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Mandi Racan (25 km), Palimanan (12 km) dan dari Kabupaten Kuningan (40 km). Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. Sarana transportasi umum yang ada pada umumnya adalah colt.


0 komentar:

Posting Komentar